Refleksi Perjalanan Mengajar: Tantangan, Inovasi, dan Harapan di SMP Paramount

Oleh: Ridho Pridia Utama, S.Pd

Perjalanan saya sebagai seorang pendidik di SMP Paramount selalu ada dinamika tersendiri. baik bagi saya maupun bagi para peserta didik. Ada tantangan yang harus dihadapi, namun ada juga momen-momen menarik dan inovasi dalam proses belajar mengajar.

Ttantangan. Salah satunya adalah menjaga motivasi belajar peserta didik. Selain itu, memastikan pemahaman materi yang beragam pada setiap peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda. Tak jarang, saya harus mencari cara kreatif agar materi yang diajarkan tidak hanya sekadar sampai, tetapi juga dapat bermakna bagi mereka. Namun, di balik tantangan itu, ada hal menarik yang saya alami. Momen paling berkesan adalah ketika mereka memahami konsep yang sebelumnya sulit. Kebanggaan itu tak ternilai. Saya juga selalu antusias dengan interaksi spontan dan diskusi di kelas, di mana ide-ide bermunculan dari pemikiran peserta didik. Melihat perkembangan mereka dari waktu ke waktu, baik secara akademik maupun karakter, adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya sebagai pendidik

Berupaya terus berinovasi. Salah satu inovasi yang saya terapkan adalah pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) yang mengintegrasikan teknologi. Misalnya, dalam penyampaian materi IPS dan PKN, siswa tidak hanya menghafal teori, tetapi juga berpikir kritis membuat proyek sederhana, misalnya penggunaan media canva, PPT, kemudian mempresentasikannya dalam bentuk video atau presentasi interaktif. Saya juga mulai memanfaatkan platform pembelajaran berbasis aplikasi untuk menyediakan sumber belajar tambahan, kuis interaktif, seperti quisis. Dampak dari inovasi ini sungguh terasa. Bagi peserta didik, perubahan yang paling jelas adalah peningkatan keterlibatan dan antusiasme dalam belajar. Mereka menjadi lebih aktif bertanya, berkolaborasi, dan berani mengemukakan ide. Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Sementara itu, bagi diri saya sendiri, inovasi ini mendorong saya untuk terus belajar dan beradaptasi. dalam mengelola kelas yang dinamis, memanfaatkan teknologi pendidikan, dan merancang pembelajaran yang lebih relevan dan menarik dan mampu menjawab tantangan zaman.

Untuk tahun ajaran baru mendatang, saya berencana mengembangkan modul pembelajaran interaktif. Harapan saya untuk SMP Paramount adalah dapat terus menjadi pusat pendidikan yang inovatif dan menginspirasi. Saya berharap SMP Paramount terus berupaya menyediakan lingkungan belajar yang suportif dan inklusif, di mana setiap peserta didik merasa dihargai dan termotivasi untuk mencapai potensi terbaik mereka. Semoga SMP Paramount juga semakin dikenal sebagai sekolah yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga dalam membentuk karakter siswa siap menghadapi tantangan di masa depan.

Tulis Komentar

Komentar Terbaru

Erni Sutrasari User
13 Jun 2025, 18:42

Tidak ada hal yang tidak mungkin dalam setiap pembelajaran yang dirasa sulit, selama pendidik mau terus berkarya dan berupaya memberikan yang terbaik untuk peserta didik. Pasti akan ada perubahan yang dampak positif bagi peserta didik. Terimakasih Sr Ridho telah berupaya yang terbaik bagi peserta didik, tetap semangat berinovasi dan berkreasi dalam pembelajaran dan memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan