Implementasi Pembelajaran Mendalam Pada Kurikulum PAUD  |”Mendorong Guru TK Menjadi Pengembang Budaya Belajar”

 

Oleh : Ressy Riezki Chairani, S.Pd, M.Pd (NS Implementasi PM pada Kurikulum PAUD)

 Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) membawa semangat baru dalam dunia pendidikan: menempatkan anak sebagai subjek utama dalam proses belajar. Kurikulum ini tidak hanya menekankan pada pencapaian kompetensi, tetapi juga menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran, bermakna dan menyenangkan, sinilah peran Pembelajaran Mendalam (deep learning) menjadi sangat penting, dan saya bersyukur dipercaya sebagai salah satu narasumber yang mendampingi para guru TK dalam menghidupkan semangat ini di ruang-ruang kelas. karena saya merasakan sendiri bagaimana peran ini bukan hanya berbagi pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan semangat perubahan dan kolaborasi di antara para guru TK.

 

Pembelajaran Mendalam: Menyentuh Esensi Belajar Anak Usia Dini

Dalam berbagai pelatihan dan pendampingan, saya kerap menekankan bahwa pembelajaran mendalam bukan tentang mempercepat anak bisa membaca atau berhitung, melainkan membantu anak:

  • Membangun rasa ingin tahu alami melalui eksplorasi langsung,
  • Mengaitkan pengetahuan dengan pengalaman sehari-hari, dan
  • Belajar secara sosial dan emosional melalui interaksi yang bermakna.

Saya sering mengajak guru-guru untuk tidak sekadar menyusun RPP atau modul ajar, tetapi merancang “pengalaman belajar” yang memahami, mengaplikasikan dan merefleksi.

Mendampingi Guru-Guru TK: Dari Keraguan Menuju Keyakinan

Dalam berbagai pelatihan dan pendampingan yang saya lakukan di sekolah maupun melalui komunitas belajar, saya banyak menjumpai guru yang awalnya ragu “ bagaimana bisa mengajar tanpa lembar kerja” atau bagaimana bila tujuan pembelajaran tidak tercapai ?”

 

Pertanyaan-pertanyaan ini sangat wajar, mengingat pergeseran kurikulum mengharuskan perubahan cara pikir dan kebiasaan.

Namun, ketika guru diberi ruang untuk berdiskusi, mencoba praktik, dan merefleksikan pengalamannya, perubahan mulai terlihat. Salah satu sekolah yang saya dampingi mengadakan proyek “Kebun Sekolah” bersama anak-anak. Dari kegiatan sederhana ini, anak belajar tentang alam, kerja sama, rasa tanggung jawab, hingga mengenal proses tumbuh tanaman, semua terjadi secara alami dan menyenangkan.

Guru-guru yang awalnya khawatir, mulai berkata, “Ternyata anak bisa belajar banyak tanpa harus duduk diam.”

Peran Narasumber: Menjadi Teman Belajar, Bukan Pengarah

Peran saya sebagai narasumber bukan sekadar menyampaikan materi. Saya lebih banyak menjadi fasilitator diskusi, memberikan contoh praktik baik, dan mendampingi guru menyusun rencana kegiatan belajar berbasis minat anak. Kami banyak berdiskusi tentang:

  • Bagaimana merancang kegiatan yang fleksibel tetapi tetap terstruktur.
  • Bagaimana menggunakan asesmen formatif untuk mengenal perkembangan anak.
  • Bagaimana menjadi guru yang reflektif: mengevaluasi diri dan terus belajar dari pengalaman.

Saya juga menginisiasi terbentuknya komunitas belajar antar guru TK di beberapa wilayah sebagai wadah berbagi inspirasi dan praktik baik.

Menutup dengan Harapan

Guru TK adalah pilar utama dalam mewujudkan pembelajaran bermakna bagi anak usia dini. Sebagai guru TK dan narasumber, saya percaya bahwa pendidikan anak usia dini adalah pondasi dari semua jenjang pendidikan. Semakin dalam dan bermakna pengalaman belajar anak sejak dini, semakin kuat fondasi kecakapan hidupnya di masa depan. Maka dari itu, saya mengajak seluruh guru TK untuk tidak takut berubah. Mari jadikan pembelajaran mendalam sebagai cara kita menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan, relevan, dan berdampak. Peran narasumber pembelajaran mendalam sangat penting dalam memberdayakan guru agar mampu melaksanakan kurikulum dengan tepat, kreatif, dan berpihak pada anak. saya hadir bukan sebagai pengarah, tapi sebagai teman belajar yang menguatkan para guru dalam menjalani peran mulianya. Dengan dukungan yang berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna dan menyenangkan sejak usia dini. Karena sejatinya, pembelajaran mendalam bukan hanya untuk anak tetapi juga untuk kita, para pendidik.

 

 

 

 

 

 

Tags :  

Tulis Komentar

Komentar Terbaru

Renny Agustini User
11 Jun 2025, 09:42

Artikel ini sangat inspiratif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini, khususnya dalam konteks PAUD. Pendekatan pembelajaran mendalam yang diusung tidak hanya memperkaya pengalaman belajar anak, tetapi juga mendorong guru TK untuk mengambil peran aktif sebagai pengembang budaya belajar. Hal ini sejalan dengan tantangan zaman, di mana guru dituntut bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dan inovator pembelajaran. Semoga lebih banyak pelatihan dan dukungan diberikan kepada guru agar mereka mampu mengimplementasikan kurikulum ini secara efektif di lapangan. Thank you Ms. Ressy

Ali Maksum User
11 Jun 2025, 09:25

Sukses selalu Ms Ressy, tetap semangat menyebarkan ilmu..

Alfina khusnul khotimah User
11 Jun 2025, 07:37

Terima kasih ms ressy atas dedikasi dan bimbingannya kepada kami, semoga terus bisa menginspirasi kpd guru-guru PAUD

Dina Maharani User
11 Jun 2025, 07:28

Materi yang disampaikan sangat menginspirasi dan bermanfaat terutama bagi para pendidik (PAUD). Terimakasih Ms. Ressy

Ms. Delta User
11 Jun 2025, 07:22

Sangat menginspirasi Ms Ressy. Materi yang di sampaikan bisa menjadi inspirasi bagi guru-guru untuk mengembangkan dan lebih berani "mengekplorasi" kemampuan mengajar.

Riandhika Dwi Humairah User
11 Jun 2025, 07:19

Sangat menginspirasi dan materi yang diberikan sangat bermanfaat????????

Viki Yuliandari User
11 Jun 2025, 07:19

Materi yang disampaikan sangat menginspirasi terutama bagi guru PAUD. Terimakasih ms Ressy

yulia astuti User
11 Jun 2025, 07:19

Sangat menginspirasi Para Guru????????, materi yang di sampaikan sangat bermanfaat, Semangat terus untuk guru indonesia????????

David User
11 Jun 2025, 07:05

Terimakasih miss ressy atas materi yg telah disampaikan sangat bermanfaat terutama bagi para pendidik (Paud)

DODY User
10 Jun 2025, 21:09

Kita akan selalu saling membutuhkan satu sama lain. Ada yang memberi manfaat ada menerima manfaat. Belajar dan mengajar itu keren.

adistya faradilla User
10 Jun 2025, 20:04

materi yang di sampaikan sangat bermanfaat dan menginspirasi, keren miss ressy?

LILIS SURYANI User
10 Jun 2025, 19:35

Menginsiprasi Guru guru RA wajib selalu mau belajar dan menerima perubahan perubahan sesuai zamannya...IGRA Sumsel

Admin Admin
10 Jun 2025, 20:03

baik terima kasih

Ike Aprillina User
10 Jun 2025, 19:04

Menginspirasi sekali, materi pembelajaran mendalam harus dipelajari dan diterapkan di satuan pendidikan anak usia dini. Terima kasih penulis, Ms. Ressy

Arie Fridayanti User
10 Jun 2025, 19:04

Saya setuju bahwa menjadi seorang guru, berarti harus berani untuk bisa menerima segala bentuk perubahan, agar kita tidak tertinggal. Sehingga kita dapat mengoptimalkan semua potensi yang ada pada semua peserta didik.

Erni Sutrasari User
10 Jun 2025, 18:56

Sangat menginspirasi, Pembelajaran mendalam dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan dan interaktif, semangat bagi para pendidik untuk selalu berani meningkatkan kemampuan dan berkembang sesuai zaman

Paridah AS User
10 Jun 2025, 18:42

Tulisan yang saya baca ini sangat menginspirasi sekali. Ternyata memang dengan pembelajaran mendalam dapat membantu anak dalam menumbuhkan kreativitas anak sekaligus menumbuhkan rasa ingin tahu yang lebih lagi.

Rinaldo Alimin User
10 Jun 2025, 18:15

Materi yang sangat baik dan informatif sebagai pedoman guru guru PAUD khususnya