kurikulum yang diajarkan kelas 5 menggunakan kurikulum merdeka sedangkan kelas 6
menggunakan k13, esensi materi yang cukup berbeda, dimulai dari kelas 5, mereka diajarkan
tentang algoritma Pemrograman dan analisis data materi yang notabene menuntut mereka
menggunakan konsep berpikir komputasional awal semester masih banyak terlihat
kebingungan dengan arah materi, karena materi yang mungkin berat disampaikan kepada
mereka, namun penggunaan media pembelajaran yang efektif terbukti membuat mereka yang
awal bingung lambat laun menjadi ingin tahu lebih lanjut, contoh analogi sehari-hari menjadikan
materi yang awalnya berat terasa ringan untuk anak-anak, memang masih banyak kekurangan
dalam pembelajaran yang berlangsung namun anak-anak sudah menunjukkan semangat tinggi
untuk belajar mapel informatika ini.
Kelas 6 dengan pengajaran yang masih menggunakan kurikulum k13 banyak juga tantangan
yang beragam, materi yg lumayan banyak teori dan istilah menuntut anak agar senang
memahami bacaan dan penjelasan baik dari buku, atau media ajar lain yang saya buat, big
project mereka ada Microsoft PowerPoint yang juga menjadi materi pembuka kunci malunya
anak-anak untuk berbicara didepan orang, belajar mempresentasikan sesuatu, materi power
point inilah yang membuat saya tahu potensi anak, tema yang saya bebaskan menjadikan
anak-anak mengeluarkan ide-ide terbaik mereka, game, makanan, tempat wisata, hobi, dan dll
semua tema unik dan sangat mereka kuasai, dari yang tadinya malu-malu menjadi mampu.
Harapan saya untuk 1 tahun kedepan semoga media pembelajaran yang saya buat semakin
banyak membantu anak-anak dalam proses pembelajaran, memberika pelajaran yang
bermakna dan berkesan untuk anak-anak, selalu berinovasi dengan bidang informatika.
Tulis Komentar
Komentar Terbaru
Iya betul, anak saya agak mengalami kesulitan dalam algoritma pemograman, mungkin dg video pembelajaran, materi akan lebih menarik bagi anak-anak. Thank you