MENGAJAR PALING BERKESAN SELAMA 1 TAHUN DI KELAS

Oleh: Pebrika Utama, S.Pd., Gr.

Selama satu tahun mengajar saya menghadapi berbagai tantangan yang beragam, baik dari akademik maupun cara atau minat belajar siswa. Salah satunya minat belajar yang mempengaruhi akademik siswa.

Setiap siswa memiliki kecepatan dan gaya belajar yang berbeda, sehingga sulit untuk siswa dapat mengikuti pelajaran di kelas dengan baik.

Beberapa siswa ada yang cepat memahami materi, ada juga yang memang harus di bantu agar bisa memahami materi yang diberikan guru di dalam kelas. Untuk siswa yang sulit menerima pelajaran, saya harus pakai metode pendekatan terlebih dahulu dengan siswa, menanyakan hal apa saja yang sulit dalam pelajaran. Pendekatan ini saya lakukan pada saat awal masuk sekolah.

Dengan metode ini perlahan-lahan siswa saya bisa mengembalikan minat belajarnya dikelas, dan sangat berpengaruh dengan nilai akademik siswa.

Selama satu tahun ini, saya mulai menyadari bahwa cara mengajar yang lebih interaktif dan variatif jauh lebih efektif daripada metode yang monoton. Oleh karena itu, saya mulai mengurangi penggunaan ceramah panjang dan lebih sering mengajak siswa berdiskusi atau melakukan kegiatan kelompok. Hal ini membuat mereka lebih aktif dan terlibat dalam pelajaran. Selain itu, saya juga mulai menggunakan berbagai media pembelajaran, seperti video, gambar, dan aplikasi pembelajaran yang dapat membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami.

Pemanfaatan Teknologi: Menggunakan aplikasi dan alat pembelajaran berbasis teknologi semakin penting di era ini.

Pendekatan yang Lebih Personal: Setiap siswa memiliki kebutuhan dan cara belajar yang berbeda. Oleh karena itu, saya perlu terus berusaha untuk mengenal lebih dekat setiap siswa dan memberikan pendekatan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Metode Pembelajaran Berbasis Proyek: Pembelajaran berbasis proyek atau project-based learning (PBL) dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk membuat siswa lebih terlibat dan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari.

Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Motivasi: Saya perlu terus meningkatkan keterampilan dalam mengkomunikasikan materi dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.

Kesimpulannya: bahwa setiap anak membawa cerita masing-masing, dan tugas kita bukan hanya mengajar pelajaran, tapi menciptakan ruang yang aman dan hangat agar mereka bisa tumbuh menjadi diri mereka sendiri.

 

Tulis Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar.